RSS

Menyelamatkan Data Friendster

07 May

Tanggal 22 April 2011 lalu saya mendapati sebuah email dari Friendster. Isinya tentang rencana pengembangan Friendster yang menyebabkan data-data tentang foto, pesan, blog, testimonial, dan shoutout akan dihapus pada tanggal 31 Mei 2011.

Saya jadi teringat akan kejayaan Friendster. Sebelum Facebook mewabah seperti saat ini, Friendster telah ada sebagai jejaring sosial yang cukup banyak diminati. Bahkan tahun 2008, ketika Training For Trainer SSDK, saya sempat terheran-heran dengan kata facebook ketika K Julian, IF04, ketua SSDK 2008, di suatu seminar menyatakan dia mengundang seorang pembicara yang belajar di luar negeri yang ditemukannya dalam facebook (saya lupa nama pembicara itu tetapi dia IF ITB juga yang lebih tua beberapa angkatan dengan K Julian).

Kembali ke topik Friendster. Friendster sendiri menyediakan sebuah aplikasi untuk menyelamatkan data-data yang akan dihapus tersebut. Kemarin saya baru sempat melakukan hal tersebut. Setelah sempat mengubek-ubek email dan google, akhirnya saya tahu aplikasi tersebut bernama friendster exporter (saya baru tahu kalau friendster sekarang ada apps-nya). Linknya: http://widgets.friendster.com/exporter . Terdapat 3 fitur yang disediakan fitur tersebut:

  1. mendownload semua data sehingga menjadi satu file zip yang jika diekstrak menjadi sebuah folder yang berisi situs html friendster lokal.
  2. mengekspor foto ke flickr atau multiply
  3. mengekspor isi blog ke wordpress atau blogspot.

Saya sendiri hanya memakai fitur 1 dan 3 karena saya tidak punya flickr atau multiply. Fitur 1 membutuhkan beberapa menit hingga sebuah email datang memberitahukan bahwa data siap didownload. Fitur 3 saya pakai untuk memindahkan isi blog friendster ke blog ini. Untuk fitur 3 sendiri dia menyediakan data xml yang bisa didownload. Di wordpress ada fitur import di dashboard sehingga kita tinggal mengupload file xml tersebut sehingga data blog friendster pindah ke blog wordpress ini. (Sebenarnya kita bisa juga melakukan hal ini dari halaman blog friendster)

Barusan saya melihat-lihat friendster lokal yang saya download. Saya pun merasa bernostalgia sehingga merasakan suasana kebatinan yang sentimentil dan emosional (haha.. kalimat ini sedikit lebay). Berikut ini hal-hal yang membuat saya bernostalgia:

1. Saya jadi teringat Telkomnet Instan, layanan internet via kabel telepon. Dulu sering sekali iklan 0809-89999 ini muncul di televisi. Awal-awal saya aktif dan mengenal internet melalui layanan ini. Tentunya dengan Telkomnet Instan saya mengakses Friendster. Dulu biayanya dihitung per menit sehingga harus hati-hati agar tagiah telepon tidak membengkak.

2. Saya melihat blog dan foto-foto saya saat dulu. Blognya “gila” banget, saya tidak cukup kuat membacanya. Lalu saya melihat foto-foto zaman dulu. Lucu juga. Saya mengaktifkan webcam untuk membandingkan dengan wajah saya sekarang. Tampak berbeda… Ini salah satu foto saya zaman muda (eh, lebih muda maksudnya).

Foto Friendster Ivan

Antara Imut dan Gaya

3. Saya juga membaca testimonial-testimonial. Masih ingat testimonial? Testimonial itu kalau di facebook semacam wall. Mungkin karena namanya testimonial, awalnya orang-orang mengisinya dengan kesan pesan tentang si empunya akun. Dulu sering bingung kalau ada yang minta dikirim testimoni. Setelah dilihat, ternyata Junita Riany, teman SMA, pengisi testimonial pertama. Berikut cuplikannya:

IvaN…

Baik…
Abis suka bAntUin bLajaR siH….
ThaNx yeE…

LawAk…
kALo LaGhe diiSengiN,, pAsti waJahnya G kOntroL
kEbinGungaN…
dAn iTu meRupaKan suaTu oBjek tErtaWaan yAng bAik!!!,,
hOhO…

Testinya alay. Padahal dulu kan alay belum terkenal. Peloporkah dia? Ahaha.. Testimonial selanjutnya dari Ibnu, teman yang sampai sekarang bersama-sama hingga S2. Berikut cuplikannya:

I = inginnya sih di sebut Vic Chou hu..hu..(kmu tuh emang dia, waktu sy liat dia loh kok mirip ivan) Tp kmu udah liat khan film yg di bintangi ane itu tuh last samurai hu..
V = van nistelrooy muridnya
A = aink temennya
N = n’temen yang baek deh ..
orang ini tuh sok-sok udah lulus stt telkom jadi aje dia ngak mo blajar lg kt nya. padahal van klo kmu itu tuch belajar bukan boeat yang begituannya aje loh ( heeuh ibnu ky kmu sk belajar aja) hu..hu..hu…
kayak nya dia tuh CAKEP tapi orang-orang banyak yang ngak menyadarinya tul gak?? tapi kmu selalu tawaduk tidak mau menyombongkannya I Love U lah
258 kata lg apa yaa, oh iya klo kmu punya pacar khan ngomongnya” klo kmu jadi bunga ane jadi kupu2nya” nah klo gituh ane mah cukup jadi insektisidanya biar kmu tetap tumbuh subur ockey

Eaaa…

4. Entah kenapa friendster diblokir dari jaringan kampus ketika saya masuk ITB. Saya sempat menggunakan situs pihak ketiga agar bisa membuka friendster dari kampus. Lupa alamatnya, apa,ya?

5. Satu lagi, friendster memiliki fitur “Who’s viewed me”. Fitur ini mencatat siapa saja orang yang melihat anda dalam kurun waktu tertentu. Tentunya fitur ini tidak ramah buat seseorang yang ingin “stalker”. Dulu saya mengakalinya dengan mencatat alamat target, logout, lalu mengetiknya di URL. Dengan cara tersebut friendster tidak akan tau siapa yang mengakses alamat orang tersebut. Saya baru tahu itu adalah “session” ketika saya mengikuti pemrograman internet di tingkat 3 kuliah. Haha. Mau tahu siapa yang saya “stalker”? ra-ha-si-a.

Haha, pengalaman yang menarik membuka friendster kembali. Jangan lupa buat para pembaca untuk menyelamatkan datanya di friendster sebelum tanggal 31 Mei 2011. Lumayan, buat kenang-kenangan. Terima kasih Friendster untuk 2 tahun awal saya menggunakan internet…

 
62 Comments

Posted by on May 7, 2011 in Pengalaman Pribadi

 

62 responses to “Menyelamatkan Data Friendster

  1. xandriacyrus

    May 9, 2011 at 10:24 am

    kira-kira menurut lo, orang mau balik lagi gak ke friendster ? facebook udah mengambil pasar yang sangat besar, orang2 kampung aja dah pake facebook, dibilangin friendster , gak tau sama sekali haha

     
    • Ivan

      May 10, 2011 at 8:52 am

      Tergantung pemilik friendster setelah tanggal 31 Mei mau ngapain.. Kalo tetep mainnya di social network tampaknya bakal kalah sama facebook..

       
      • xandriacyrus

        May 11, 2011 at 9:33 pm

        wah ditunggu aja, kemaren teman gw ada yang nanyain, kira-kira facebook bertahan hingga kapan ? 10 tahun dsb. waktu itu gw bilang, sampai anak cucu masih ada kayaknya..kalau menurut lo gimana ?

         
    • ocha

      August 5, 2013 at 5:01 pm

      aku mau balik ke frienster tp gak tau lg emailnya…😥

       
      • Fachrie Lantera

        September 23, 2013 at 9:02 am

        friendster sekarang jadi game center🙂

         
  2. meliza766hi

    May 9, 2011 at 12:15 pm

    alay banget temen loe van =))
    hahahhaa..
    gw males nyelamatin si data friendster nh,
    isinya banyak gak penting2😀

     
    • Ivan

      May 10, 2011 at 8:57 am

      ahaha…btw, ternyata di friendster kita belum friend…. padahal dulu sama2 kalkulus 8..

       
      • meliza766hi

        May 10, 2011 at 2:59 pm

        hahahaa, kalo udah temenan di fs,
        testimonial nya bakal gak valid van..
        nulisnya apa ternyata orangnya skarang kayak apa =))

         
  3. zoothera

    November 10, 2011 at 10:59 am

    hikksss… ternyata sekarang sudah dihapus permanently sama friendster.. padahal saya mau import blog yg di sana huaaaaaaa

     
    • ListyaWulansari

      February 18, 2012 at 8:23 pm

      samaaa…. nyesel gag backup dari dulu.. huhuhuuu

       
  4. ograssiana

    March 5, 2012 at 4:59 pm

    kok gw gak bsa sh? tlong dong gmna cranya?

     
  5. Hans

    March 6, 2012 at 1:25 pm

    Sayang sekali.. banyak sekali kenalan didalamnya… apa skrg mau dibackup masih bisa?

     
  6. methaaaa....

    July 4, 2012 at 2:46 pm

    Bro, gimana neh caranya buka link n save datanya semua. Dah gw coba buka link yang loe kasih tpi tetap aja gatot…. Please help me bro…tq

     
  7. shipur

    July 18, 2012 at 9:31 pm

    tolong donk, gwue gak bisa buka friendster? padahal itu kenangan indah gue

     
  8. Anjar

    August 8, 2012 at 12:42 pm

    Iyaaa.. gimana caranya? kl sekarang masih bisa nggak? mau ambil foto-foto nih..😦

     
  9. archi

    September 6, 2012 at 2:19 pm

    yaaaa…ternyata banyak yg bernasib sama ya..sayang dulu ngga notice kl ada pemberitahuan dari friendster kl data2 mo dihapus, skrg tinggal sedihnya deh, ngga bisa ambil foto2 jadul. hik hik hik…

     
  10. hannah

    October 24, 2012 at 11:18 pm

    jaaahh smua photo juga ilang ya :9 aduhh gw tlat bgt br tau :(9

     
  11. rian

    October 30, 2012 at 1:07 pm

    Trus klu mau daftar acount frendester skr udh pasti gk bisa ya? Tlg ya dijawap. gua masih pemula ni tau internet, baru aja seminggu yg lalu. Thenks

     
  12. dieny

    November 11, 2012 at 8:31 pm

    w pgn bgt nyelamatin foto2 d fs , cz penting bgt , udh d coba tp ga bs d slamatkan!!
    knpa mesti di ilangin siih , ,😦
    bisa di selamatin ga yaa , , ,😥

     
  13. mhie

    December 29, 2012 at 5:02 pm

    sekarang masih bisa diselamatkan ga ya😄 asle gue kangen bgt sm zaman2 fs.. qiqiqi

     
  14. Nesta Jr.

    January 1, 2013 at 10:52 am

    pengen nostalgia nih, kira2 msh bs ga yah??

     
    • Fauzy

      January 9, 2013 at 10:29 pm

      Sekarang mh, susah guys.!

       
  15. jawa

    January 4, 2013 at 4:02 am

    iya nih gmn sih kok friendster begini jadinya, padahal wa pengen banget liat photo jaman dulu

     
  16. RickyFunky TheLastboy

    January 5, 2013 at 12:04 pm

    Wah FS ku … @_@

     
  17. icha

    January 7, 2013 at 9:08 am

    Hay pg

     
  18. Stely Lautner Mokoagow

    January 8, 2013 at 3:31 pm

    Yaaah~ semua kenangan masa2 SMA qu tehapus😦

     
    • Fauzy

      January 9, 2013 at 10:27 pm

      Yang sabar ya.
      Coz sekarang udah ada facebook

       
  19. Potter

    January 14, 2013 at 5:38 pm

    😦 blogkku di friendster, catatan2, kenangan2, foto2, ku tulis di FS semua, bisa balik lagi gak yach ?😥

     
  20. Edi

    February 5, 2013 at 12:29 am

    Sob,lebih rincinya bgaimana buat ngambilin data” maupun fto” yg ada difreindster.
    Thanks sob,

     
  21. benedictus ambar widhiatmoko

    May 16, 2013 at 11:44 am

    bantuin buka friendster saya dong….

     
  22. rizal

    May 19, 2013 at 12:16 pm

    bro gw pngn bsa masuk frendster cranya gmna?sya ga ngerti bahasa yg lo buat di atas wkwkwkwk…soalnya banyak kenangan sma nya..

     
  23. erlina putri

    May 31, 2013 at 7:45 am

    sedih sedih

     
  24. erlina putri

    May 31, 2013 at 7:46 am

    pngen lht foto lm tp lp fswrd nya hoho

     
  25. erlina putri

    May 31, 2013 at 7:35 pm

    frendster aq yg dl hilang gmn cr mncarinya??? di cari gak ketemu tolong aq ,,,,

     
  26. Furkon

    June 21, 2013 at 1:16 pm

    Untungnya dulu cuma upload foto profil doang n pas mw bikin akun fb ambil deh satu2nya foto di friendster.

     
  27. Chaidir

    July 5, 2013 at 5:43 pm

    Waaah,, baru tahu nih!! Nyesel banget deh gak ikut export data dari friendster kemarin..
    Jadi gimana tuh sob?? masih ada solusi gak??

     
  28. Agustina Utami

    July 17, 2013 at 2:52 pm

    huaaaa… sama jg pengen liat2 jaman masih kuliah dlu… gmn sih cara na kok ga bs2 ya…?

     
  29. rijang

    July 26, 2013 at 6:58 am

    waaaaaahhhh… sangat terlambat sekali diriku…

     
  30. debora

    August 10, 2013 at 7:26 pm

    ia gmna ya fs skrng d buka kok yg ada malah game, nenek foto fotoku manaaa……

     
  31. Ayoeb Khan (@pamanjoy)

    August 14, 2013 at 6:54 pm

    FS TUTUP TOKO.. ALIH KE KIOS.. KWKWKWKWKWK

     
  32. iyung

    September 30, 2013 at 10:21 pm

    FS gulung tikar,,,,digusur satpol PP! razia…
    jgagagagagagagag

    Info GRATIS copas link bawah ini di bar browser anda🙂
    http://goo.gl/wW9u9F

     
  33. ESR

    October 4, 2013 at 10:32 am

    ikhlaskan…. giliran hilang kok ya pada dicari

     
  34. mila

    October 16, 2013 at 9:46 am

    wah apess kerja.an ku data2 ada di fs

     
  35. Wahyu

    October 24, 2013 at 2:26 pm

    Gile bgt frindster ini..
    Yg lalu biarlah berlalu. Yg skrg biaralah berjalan…….

     
  36. Cepy Bachdim Al-Gonzales

    January 10, 2014 at 1:04 pm

    Gw coba koq ga bisa ,gw juga kehilangan foto gw di Friendster ,please mas bro for your help

     
  37. fember

    February 1, 2014 at 6:10 pm

    kangen masa masa fs…foto cinta pertama aku ada di fs…nangissss

     
    • aden.com

      February 24, 2014 at 2:58 pm

      coba buka e-mail utk daftar fs wktu tu, di kolom search ketik friendster,, masih ada notifikasi ttg birthday teman2 kita di fs,,, berarti belum sepenuhnya terhapus datanya. Hanya di tutup utk publik… hweeheheh… minta adminnya aja dibuka lagi datanya.. brakatakk…

       
      • Ahmad Rokhani

        July 16, 2014 at 8:30 am

        aku juga mangkel…. banyak foto2q di FS yang belum terselamatkan… gmana Sob caranya ngambil….. bahasanya yang mudah dimengerti orang awam kayak gue

         
  38. tingang76

    March 22, 2014 at 12:54 am

    Haduuhh,,
    Pengennya mau ngambil foto” lama masa dulu..
    Tapi sayang seribu sayang,, admin’x langsung keok n mengubah situs menjadi situs game..!!
    Aku kangen friendsteeerrr…:'(

     
    • Tukang es cendol bapak lo

      July 11, 2014 at 2:02 am

      Cengeng lo semua m32k fck

       
  39. Sischa

    August 28, 2014 at 6:53 pm

    dan di friendster ada foto2 saya bersama alm bapak saya dimana hanya disitu saya punya foto2nya😦😦😦

     
  40. tio kusmiyati

    September 2, 2014 at 9:43 pm

    ya fs knp brbh jd game ya? syg bngt bnyk knanan indah di dlmnya huffffffffttttttt…………

     
  41. ade_ps

    September 3, 2014 at 10:14 am

    ada cara lain gx…. fs_ banyak kenangannya….

     
  42. jesse

    October 2, 2014 at 8:42 pm

    gmana sih caranya ngambil foto2 lama di frenster?

     
  43. ageng bandalz

    October 30, 2014 at 12:42 am

    pingin nostalgia ke friendster jadinya euy….
    kapan bisa kembli lagi ke friendster ya huuuuuuffffftttt

     
  44. lauk hiu(ai lop yu)

    December 2, 2014 at 10:30 am

    waduk ah sia. bengeut sia kos lauk pari

     
  45. azar

    December 12, 2014 at 2:14 pm

    jadinya kita udah gabisa ngambil foto d friendster nih ? ya ampunnn :((((

     
  46. wenny yolanda

    January 18, 2015 at 1:38 pm

    ga bisa ambil data lama yaa😦

     
  47. ali rojikin

    February 20, 2015 at 8:55 pm

    gak bisa liat lgi kenangan2 terindah dulu ?????

     
  48. kiki

    March 16, 2015 at 11:52 pm

    haah. pengen liat fs yg duluuu

     
  49. elang

    July 7, 2015 at 3:35 pm

    sedih banget, mau nostalgia lagi padahal😦

     

Leave a Reply

 
