RSS

Bersama, Berkesinambungan, dan Bermanfaat (BBB)

18 Mar

HMIF tiga tahun ini

Jika dirangkum, 3 tahun lalu, saat Ketua HMIF dijabat oleh Budiono, Budiono meletakkan dasar pengabdian masyarakat. Dia membuat sebuah divisi yang bernama divisi pengabdian masyarakat yang ditujukan agar rasa pengabdian masyarakat terasa di HMIF. Selain itu, dibuat juga acara-acara berbasis keprofesian seperti training dan workshop untuk agar kegiatan keprofesian terasa di HMIF. Budiono juga meletakkan dasar STEI karena saat itu terjadi perubahan pada ITB dari yang awalnya tahun pertama mahasiswa sudah masuk program studi, tetapi sekarang menunggu tahun kedua. 2 tahun lalu, saat Ketua HMIF dijabat oleh Iqbal Farabi, HMIF fokus untuk memantapkan sistem. Hal ini terlihat dari HMIF yang berusaha melakukan Amandemen AD-ART, pembuatan GDK, dan pembuatan SOP-SOP tersendiri. HMIF berfokus untuk memperbaiki pondasi HMIF. 1 tahun ini, saat Ketua HMIF dijabat oleh Dwinanto Cahyo, HMIF berfokus pada tidak mengulangi kesalahan yang lalu. HMIF juga berusaha merintis sebuah acara besar keprofesian yang melibatkan banyak massa dan dapat sebagai brand HMIF.

Gambaran HMIF ke depan
“Bersama, Berkesinambungan, Bermanfaat”

HMIF milik Bersama
HMIF berjalan bukan hanya karena impian dan ambisi ketua atau segolongan orang. HMIF  seharusnya berjalan di atas impian semua anggotanya untuk mencapai HMIF yang lebih baik.

bersama

HMIF yang memiliki sistem Berkesinambungan
Kepengurusan setiap tahun seharusnya merupakan perbaikan akan kepengurusan sebelumnya. Dari masa lalu kita belajar, kita ambil yang baik dan lanjutkan. Kesalahan masa lalu kita perbaiki dan jangan sampai terulang kembali. Selain itu, Satu tahun sendiri adalah waktu yang singkat untuk menggapai semuanya. Oleh karena itu, kita harus berpikir untuk tujuan jangka panjang dan melakukan kepengurusan ini sebagai langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

berkesinambungan

HMIF yang Bermanfaat ke dalam dan keluar
Setiap anggota haruslah “nyaman” saat berada di himpunan. Hal ini bisa didapat jika di himpunan anggota tersebut menemukan manfaat, baik di bidang keprofesian, akademik, kekeluargaan, dan yang lainnya. Himpunan yang ideal adalah himpunan yang dapat memenuhi kebutuhan anggotanya akan keprofesian, pengabdian masyarakat, dan kekeluargaan. Setelah memenuhi kebutuhan anggota, himpunan sendiri diharapkan dapat memenuhi kebutuhan lingkungan akan himpunan. Himpunan dapat membantu ITB dalam mengembangkan mahasiswa atau membantu masyarakat dengan pengabdian masyarakatnya.

bermanfaat

Bagaimana mencapai hal tersebut?

HMIF sebagai organisasi pembelajar
Kesalahan masa lalu kita perbaiki dan jangan sampai terulang kembali. Selain itu, kita mulai berproyeksi ke depan dalam menyusun target jangka panjang HMIF dan melakukan satu tahun ini untuk mencapai itu.

Program kerja yang efisien dan efektif
Hanya proker-proker yang esensial yang akan dilaksanakan. Dengan berkurangnya proker divisi, diharapkan waktu dan perhatian untuk ikut berpartisipasi di divisi lain semakin tinggi. Di samping itu, partisipasi massa di kegiatan kemahasiswaan terpusat dapat bertambah. Sayang sekali jika hanya kita terbelenggu di bidang informatika saja. Bidang informatika tidaklah cukup untuk mengatasi masalah bangsa.

Pembelajaran anggota yang berkesinambungan
Kepengurusan sekaranglah saat yang tepat untuk mengimplementasikan Grand Desain Kaderisasi tersebut secara menyeluruh. Implementasi GDK sendiri dimaksudkan agar kaderisasi tidak berhenti saat seseorang masuk ke himpunan. Kaderisasi informal divisi atau kaderisasi formal yang dibuat semoga bisa membuat lulusan HMIF yang kompeten menghadapi dunia luar kampus setelah kuliah

Standardisasi keprofesian anggota
Kegiatan akademik di kampus ternyata belum cukup untuk memberikan pengalaman tentang keprofesian. Dunia informatika yang terus berkembang secara pesat membuat semakin luasnya dunia informatika. Menutupi kekurangan tersebut, himpunan dapat berperan sebagai penyedia kebutuhan tersebut. Training-training dan seminar-seminar internal dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan keprofesian tersebut.

Peningkatan rasa pengabdian masyarakat baik melalui kegiatan keprofesian maupun lainnya
Keprofesian kita jauh dari kemiskinan. Padahal, “sense” akan meningkat jika kita turun ke lapisan paling bawah. Oleh karena itu, kepengurusan sekarang akan dicoba dua buah solusi. Yang pertama, kita turun langsung ke masyarakat meskipun kurang dari segi keprofesiannya. Acara ini diyakini dapat melibatkan banyak massa dan meningkatkan “sense” mereka. Yang kedua adalah pengabdian masyarakat yang berbasiskan keprofesian, contohnya: Training Open Source. Namun, hal yang harus dilakukan sebelum dan setelahnya adalah pewacanaan bahwa acara ini bertujuan mulia untuk pengabdian masyarakat.
Yang terpikir lebih lanjut adalah membuat semacam lomba software desain intern HMIF yang memiliki tema tentang masalah yang dialami lingkungan sekitar. Ketika mengerjakan lomba tersebut, diharapkan timbul inovasi-inovasi untuk menyelesaikan masalah yang ada. Inovasi tersebut inginnya di follow up sampai bisa diimplementasikan dan bermanfaat untuk masyarakat.

Menuju sistem ekonomi HMIF yang mandiri
Pembentukan sebuah sistem workshop milik HMIF sebagai branding agar mempermudah marketing. Proyek-proyek yang dikerjakan pun tidak terbatas hanya fokus dilakukan oleh divpro tapi semua massa dapat berpartisipasi. Mimpi lebih jauh adalah workshop ini dapat berbadan hukum resmi sehingga dapat bekerja dengan pemerintahan untuk pengabdian masyarakat.

Berkontribusi aktif dengan entitas luar HMIF
HMIF terlalu kecil untuk bisa memberikan banyak ke masyarakat. Oleh karena itu, kerja sama dengan pihak KM ITB, AIB, dan entitas luar lainnya diharapkan dapat ditingkatkan kepengurusan kali ini untuk berkontribusi ke masyarakat
Impian HMIF 5 Tahun ke Depan
Berikut proyeksi himpunan 5 tahun ke depan yang dicapai dari kepengurusan ini.
1.    Himpunan bisa menjadi tempat yang nyaman dan para anggotanya akan mengenangnya saat telah lulus nanti. Lebih jauh, semoga beberapa puluh tahun lagi image alumni IF yang tidak terikat ke himpunan berubah
2.    Himpunanan berkolaborasi dengan entitas luar menciptakan karya nyata untuk bangsa.
3.    Saat HMIF akan melakukan acara-acara, ekonomi HMIF telah mandiri.
4.    Himpunan bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah bangsa dengan bidang informatikanya.
5.    Sistem GDK telah berjalan dengan baik sehingga menghasilkan kader-kader terbaik untuk bangsa.
For Better HMIF!

 
3 Comments

Posted by on March 18, 2009 in Uncategorized

 

3 responses to “Bersama, Berkesinambungan, dan Bermanfaat (BBB)

  1. petra

    March 18, 2009 at 8:55 am

    wew,
    ini ketularan tubes II progin yah….😀

     
  2. Ivan

    March 18, 2009 at 8:58 am

    haha.. iya😀
    Semoga 2006-nya ga sentimen dengan kata “BBB”.😛

     
  3. petra

    March 18, 2009 at 9:12 am

    justru malah keinget terus keknya, van😀

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: