RSS

Catatan I Latpim : Mars dan Hymne ITB Milik Siapa?

25 Jun

Mars ITB

Derapkan langkah tatap ke depan
ITB citra Ganesha
Curahkan daya kejarlah cita
Bakti pada negara

Siapkan diri, teguhkan hati
Tegarkan tekad pribadi
Langkah dan karya, nyatakan pasti
Dambaan Ibu Pertiwi

Hai putra bangsa insan persada
Tugas mulia menantimu
S’mangat dan tekad kembangkan s’lalu
Sinar terang pasti datang

Kajilah ilmu dan teknologi
Seni dan budaya bangsa
Kukuhkan sikapmu dan tekadmu mandiri
Capai masa gemilang

Rentangkan sayap, pancarkan cita
Cerdaskan putra negara
Hantarkan bangsa Indonesia
Adil makmur sejahtera

Majulah maju pandu sejati
Almamater yang tercinta
S’moga semakin kukuh dewasa
Tetap jaya dan abadi

Hymne ITB

Dengan bangga kami seru namamu
Almamater nan jaya ITB tercinta
Besar nian sumbangsihmu bagi negri
Bagi cita nan mulia masyarakat sejahtera

Oh, Tuhan kami mohon
Restu dan petunjukMu
Dalam tugas dan bakti
Pada nusa dan bangsa

Pas upacara pembukaan Latpim, kami diminta untuk menyanyikan lagu mars dan hymne itb. Weleh2x… mana tau ky gimana lagunya. Perasaan dulu nggak pernah diajarin. Kalau mars sih perasaan pernah ngedenger waktu penerimaan mahasiswa baru di Sabuga. Tapi, kalo hymne sih nggak pernah denger…

Akhirnya, pas baru datang, dalam 1 malam kami disuruh menghapal dua lagu itu untuk dinyanyikan di upacara besok paginya. Tapi, tetep aja ga hafal2. Upacara pembukaan pun tiba. Akhirnya, kebanyakan peserta cuap-cuap ga jelas pura-pura nyanyi. Untung ada musik yang disediain sama tentara + beberapa prajurit tentara yang ikut nyanyi sambil sembunyi🙂 . Sebenarnya malu juga sama tentara2 di sana. Sebagai mahasiswa ITB ga bisa nyanyi mars sama hymnenya. Bahkan pas upacara penutupan tentara2 yang ngebantu nyanyi udah hafal. Padahal sy sendiri baru hafal marsnya doank.

Terkadang lagu itu penting loh. Sebagai alat pemersatu, identitas, dan pemberi semangat. Meresap banget waktu pulang dari latpim di bis nyanyi mars itb. Wuih, hrsnya di oskm/pmb diajarin tuh… Trus, akhirnya kepikiran ide untuk minta restya, koor materi-acara kaderisasi if, untuk ngajarin if2007 mars dan hymne ITB. Untuk if2007 siap2 menghapal 3 lagu,ya.. Hymne itb, mars itb, n mars IF🙂 (Mungkin 4 kalo ntar ada hymne if. Soalnya pernah denger2 kalo if punya hymne). Semangat2x!

 
6 Comments

Posted by on June 25, 2008 in Sharing Pengalaman

 

6 responses to “Catatan I Latpim : Mars dan Hymne ITB Milik Siapa?

  1. nuRr..

    June 26, 2008 at 3:30 pm

    panitianya ikutan nyanyi ngga van? hahaa.. latpimers aja ya van yang ngajarin😛

     
  2. restya

    June 27, 2008 at 9:08 pm

    @Nurr : stuju2, aq jg blm bisa niy🙂 Ivan yang ngajarin, ya

     
  3. bintang

    June 30, 2008 at 4:43 pm

    tau nih, knp kita ga diajarin mars ma lagu hymne itb ya..

    heu2..

     
  4. Ivan

    July 7, 2008 at 8:33 pm

    @ Nur & Restya : Kynya sekarang udah lupa.😛 . Ntar Gege atau Budi yang ngajarin deh😀

    @ Bintang : Mungkin gara2 kurang tersosialisasikan dengan baik kalau ITB punya Mars n Hymne

     
  5. Rynda

    June 16, 2009 at 4:34 pm

    hehehe….. masih penasaran sama dua lagu kebanggaan kita tapi dilupakan y?
    oke,, masukan kedua lagu itu sebagai lagu wajib kaderisasi if,,,

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: