RSS

Pengalaman Pertama yang Begitu Menggoda

20 May

Minggu kemarin cukup berkesan, soalnya ada 2 kejadian yang merupakan pengalaman pertama saya seumur hidup.
1. Donor Darah
Senin, 12 Mei 2008, akhirnya untuk pertama sepanjang hidup, sy donor darah🙂 . Sebelumnya, sy ga pernah ngedonor soalnya terbayang-bayang tes darah sewaktu kelas 1 sD. Waktu itu gara-gara tes darah saya nangis sepanjang istirahat sekoah😦 . Efeknya, dari saat itu saya ga tau golongan darah saya apa. Soalnya waktu bayi tes darah gololangan daranya AB, trus waktu di tes saat SD itu, golongan darahnya A. Bingung deh….
Yup, akhirnya Senin, sy memberanikan diri untuk mendonorkan darah. Sempat kedua kali bolak-balik ke tempat donornya karena waktu itu rasa takut akan tes darah masih terbayang. Untunglah, akhirnya, sy memberanikan diri dan hasilnya menyumbangkan 500 ml darah bergolongan A🙂 . Wah, ternyata ga sesakit yang dibayangkan.
Thanks to :
1. Gege
Gara-gara dia saya terlecut untuk donor darah. Waktu itu abis kuliah dia lari dari kelas dan pas ditanya mau kemana dia bilang “mau donor darah”. Wah, ada orang yang segitu niatnya ngedonor sampai lari segala.
2. Unggul
Orang yang nemani saya donor darah. Kalau ga ada dia mungkin saya akan bolak-balik untuk yang ketiganya. +)
3. Risa
Orang yang ngasih banyak teori tentang doroh darah. Meskipun ternyata dia belum pernah donor darah. Semangat, Ris! Ga sakit kok.
4. Rizki Daya
Ketua Donor Darah 4 Labtek yang mendonorkan darah pertamanya hari itu juga🙂 .
5. Austin
Kadiv Pengabidan Masyarakat HMIF, divisi yang ngadain donor darah.
6. PMI, HME, KMKL, HMF, HMFT, dan pihak-pihak lain yang membantu terlaksananya donor darah pertama saya🙂 .

2. Unjuk Rasa
Nah, ini juga menarik. Kalau kata orang-orang sih belum jadi mahasiswa kalau belum unjuk rasa. Jum’at, 14 Mei 2008, sy ikut unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM. Unjuk rasa ini merupakan hasil kesepakatan beberapa himpunan dalam forum massa di ITB malam sebelumnya. Unjuk rasa diadakan dengan mengadakan longmarch dari ITB ke Gedung Sate. Di Gedung Sate, kami melakukan orasi dan beberapa orang dikirim masuk ke gedung DPRD. Sayangnya, tidak ada satu pun wakil rakyat yang ada di Gedung tersebut. Gosipnya sih mereka kecapaian karena udah 4 hari menerima unjuk rasa😦 . Entah benar atau tidak. Tapi paling nggak udah banyak wartawan yang ngeliput dan masyarakat yang melihat (meskipun efeknya capek dan kulit jadi hitam🙂 ).
Pada dasarnya sih, saya merupakan orang yang cukup kontra dengan unjuk rasa. Tapi, saya juga berpikiran kalau misalnya ITB ga pernah unjuk rasa, gimana rakyat bisa tau kalau kami peduli. Meskipun satu perbuatan mengalahkan 1000 kata-kata, tapi terkadang kata-kata juga perlu diantara perbuatan itu. Udah lama ITB ga pernah ngadain unjuk rasa.
Banyak yang bilang, “Ngapain, sih, ga penting unjuk rasa. Ntar juga nggak didengerin.” atau “Kan unjuk rasa jadi bikin macet. Trus, kalau macet bukannya jadi boros BBM.” Terserah apa kata orang, tapi sy pikir sy nggak menyesal udah unjuk rasa menentang kenaikan BBM. Paling nggak, meskipun ntar BBM naik, rakyat tau masih ada orang-orang yang peduli mereka. Semoga pemerintah bisa mengatasi kenaikan harga minyak dunia bukan dengan menaikan harga BBM🙂 .

 
8 Comments

Posted by on May 20, 2008 in Curhat

 

8 responses to “Pengalaman Pertama yang Begitu Menggoda

  1. ghe2

    May 20, 2008 at 10:11 pm

    “Kan unjuk rasa jadi bikin macet. Trus, kalau macet bukannya jadi boros BBM.”
    Itu kan kata2 gw, huh. Ada copyright-nya lho.

    yah, selama unjuk rasa-nya ga anarkis, ga masalah.

     
  2. Ivan Nugraha

    May 20, 2008 at 10:20 pm

    Ampun, ghe…
    Kan udah dipuji-puji di bagian yang donor darah…🙂

    Ntar sesekali ikutan unjuk rasa, ghe! Trus rasain gimana suasananya. Kalau kemarin tuh setiap nyebrang jalan kami lari kok. Supaya nggak buat macet.

     
  3. occccccccc!!!!

    May 23, 2008 at 11:03 am

    parah!

    menulis nama orang seenaknya!!!
    parah banget!!!

    satu lagi..
    ngapain nambahin link ke blog gw?!!!
    hapus! HAPUS! pokoknya hapus!!!

    ya ya ya…

    o ya, menanggapi postingan ini, gimana kalo laen kalee donor lemak?
    mau gak? dah dapat banyak masukan ni untuk membuat acara donor lemak….

     
  4. Ivan Nugraha

    May 23, 2008 at 2:38 pm

    @austin:
    Ga apa2 tin, kan jadi eksis blognya🙂 .
    Donor lemak, boleh juga tuh… Kynya anak PM banyak yg minat :)) .

     
  5. puthutp

    May 24, 2008 at 7:34 pm

    1. Waktu itu mau ikutan donor darah juga. Tapi udah tutup pendaftarannya.

    2. Kayaknya asik ikut unjuk rasa…

     
  6. restya

    June 7, 2008 at 8:28 pm

    nah, Van…
    klo aq nggak berani donor darah krn wkt SMA tes darah (padahal cuman diambil satu suntikan)… tapi aq langsung pucat mw pingasn😦

    BBM uda naik, Van. Nasi telah menjadi bubur… Ada ayam biar buburnya enak? (baca : ada saran solusi?)

     
  7. sayapbarat

    June 16, 2008 at 9:57 am

    HM… unjuk rasa?

    Memang terjesan tidak penting. Tapi beberapa kali yang gw ikutin, selama tidak mengganggu jalan dan sembari membagikan selebaran yang gw tulis, sepertinya akan sangat baik. Aksi seperti itu juga setidaknya harus dengan kajian yang matang juga. Jadi, tidak sekedar menuntut.

    Setidaknya itu menjadi aksi kepedulian jika terkesan terlambat. Atau… menjadi aksi pencegahan jika kenaikan BBM terulang lagi di masa penurunan daya beli masyarakat Indonesia..

    Oh, ya… ini blog gw yang lama dah gak aktif

     
  8. Ivan Nugraha

    June 19, 2008 at 12:53 am

    @puthut : ayo, sekali-kali ikutan
    @restya : nggak sakit,kok.. masa anak2 PSDA ga berani donor,sih🙂 . Kalau yang masalah BBM setuju dengan difa, bisa jadi pencegahan
    @difa : yup, unjuk rasa ITB harus intelektual…; OK, ntar link blognya diganti

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: