RSS

3150 Menit untuk Menonton Jang Geum!

09 Oct

Banyak yang nanya kenapa sih Ivan udah lama nggak nulis
blog. Emang siapa aja yang nanya kaya gitu? Liman, trus Liman, ehmm Liman
(Iklan Chat ‘n Date). Ada beberapa
alasan. Pertama, sejak terakhir kali saya nulis, saya masuk ke kepanitiaan
PMB-KM ITB 2007. Sibuk diklat kaya gitu deh. Kedua, sibuk kuliah (hidungnya
sambil terbang). Biasa deh, sindrom tahun kedua, adaptasi dengan
pelajaran-pelajaran baru. Ketiga, sibuk di himpunan (Udah jadi anggota biasa
HMIF nih…). Keempat, nonton film. Gara-gara alasan yang keempat ini sebenarnya
jadi ga sempet nulis blog. Emangnya nonton film apa sih, sampai-sampai
ngeganggu banyak waktu luang?

Panjang ceritanya, diawali dengan gara-gara liburan semester
genap. Gak ada kerjaan kan di rumah. Jadinya tiap sore nonton film serial Korea. Nah, pas liburan itu, film serial
Jewel in The Palace (Jang Geum) diputar ,atau tepatnya diputar lagi, soalnya
2,5 tahun yang lalu pernah tapi saya ga nonton. Nah, waktu itu, saya nonton
episode pertamanya. Gara-gara rame, jadinya keterusan deh nonton. Sempet
beberapa kali kepotong diklat PMB, acara PMB, trus jam kuliah yang sampai sore.
Tapi gara-gara penasaran saya nanya ke Uta Fa’06, kalau-kalau dia punya dvdnya.
Dia ga punya, tapi dia tau kalau Dewi S Fa’06 punya. Trus sama dia dipinjemin.
Nah, petaka dimulai dari saat itu. Ternyata, yang saya nonton di TV baru
sekitar 25 episode dari 70 episode. Masing-masing episode durasinya kira-kira
45 menit. Gara-gara waktu itu nontonnya bolong-bolong, jadi terpaksa nonton
dari awal. Dan kalau dihitung, kira-kira harus menghabiskan, wow, 3150 Menit
untuk Menonton Jang Geum!

 

Akhirnya, setiap waktu luang dihabiskan untuk menonton film
itu. Dan akhirnya, Minggu 7 Oktober 2007, dengan bangga, saya Ivan Nugraha,
13506073, berhasil menamatkan film tersebut. Banyak juga efek positifnya loh
nonton film kaya gituan:

  1. Jadi tau sejarah dan kebudayaan Korea. Gimana budaya haus kekuasaan udah ada sejak dulu.
  2. Memperlancar bahasa Inggris. Pake subtitle Inggris, soalnya kalau pake subtitle Malaysia serasa campur aduk ga jelas.
  3. Sedikit-sedikit bisa bahasa Korea. Contoh : Kude? artinya Really?, Jang Geum artinya Jang Geum, Min Jung Ho artinya Min Jung Ho. (2 frase yang disebutkan terakhir adalah nama. He2x). Coba filmya pake bahasa C. Mungkin nilai algoritma dan struktur data saya A.
  4. Jadi tau kalau Jang Geum itu punya keturunan Sunda. Soalnya Jang itu diambil dari kata Ujang =)

 

Nah, masalahnya, kan setiap discnya ada 10 episode. Hampir di setiap episode terakhir di setiap disc
rusak. Kayanya sih pas ngeburn-nya dipaksain supaya muat. Jadi pinggiran
discnya yang dibuat dari plastik juga dipaksa diburn. Akhirnya suka tiba-tiba
rusak. Malangnya, hal itu juga terjadi di disc terakhir. Nah itu yang nyebelin.
Pas udah 10 menit 35 detik di episode 70 discnya rusak. Jadi ga tau gimana
akhir filmya. (Ada yang tau? Kalau ada yang tau bisa e-mail ke ivannugraha@yahoo.com) Hiks2x.. Saran buat
tukan pembajak dvd: Pas ngebajak selain pikirakan pihak yang udah cape2 ngebuat
film trus dibajak, pikirkan juga perasaan penonton yang ga tau gimana akhir cerita filmnya.

 

Fuih, capek juga udah nonton satu film serial. Sekarang
waktunya belajar, Van! UTS sudah di depan mata! Semangat! Btw, ada yang punya film
serial bagus lagi, ga? =)

 
2 Comments

Posted by on October 9, 2007 in Uncategorized

 

2 responses to “3150 Menit untuk Menonton Jang Geum!

  1. BinTanK

    November 16, 2007 at 11:33 pm

    tonton first kiss..si beeph punya tuh

     
  2. L'

    November 17, 2007 at 11:35 pm

    Waduh si ivan mamawa ngaran urang sagala… teu di sensor deuih, ente kudu mayar denda ka urang van.. telah mencemarkan nama baik urang…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: