RSS

Bapak yang Sok Tau

19 Jun

Di Tempat Fotokopi (3logy bagian pertama)

Kuliah di ITB? Saya sih biasa aja. Tapi seringnya orang-orang nganggapnya luar biasa. Misalnya, kalau ketemu temen Mamah atau Papah, biasanya diomongin, “Oh, anaknya di ITB, ya? Pinter, cakep lagi.” Atau di tempat fotokopian deket rumah. Dari SMA, saya selalu motokopi di situ. Oleh penjaga fotokopiannya nggak pernah dilihat tulisan di kertas yang saya bawa apa. Pasti langsung difotokopi. Tapi, pas saya udah di ITB terus mau ngejilid atau fotokopi yang sampulnya ada gambar “gajah”-nya, dia selalu ngomong “Kuliah di ITB, ya?” terus baca-baca yang saya mau fotokopi seolah-olah ada yang luar biasa di kertas itu.

***

Pas akhir Semester 1 kemaren, dikasih tugas buat proyek pelajaran Konsep Teknologi. Waktu itu sekelompok dengan Beben, Roffi, & Aris, ngebahas masalah burung kowak di ITB. Nah, yang bagian nge-print-nya laporannya itu saya. Laporan itu udah selesai di-print. Tinggal ngejilid, deh! Pergi ke tempat fotokopi Pas sampai di tempat fotokopi ada seorang bapak. Pas saya taruh laporan itu di meja fotokopi, tiba-tiba si bapak tadi ngambil laporan itu. Terjadilah sebuah percakapan,
Bapak : “Ganesha ITB, ya?”
Saya : “Iya.” (sambil mengangguk dan memasang muka sopan. Siapa tau dia punya anak perempuan terus saya dijodohin. He2x)
Bapak : “Ini apa?”
Saya : “Laporan.”
Bapak : (Sambil buka-buka) “Bukan, bukan laporan. Ini tuh…” (si Bapak berpikir)
Saya : (berusaha membantu) “Makalah?”
Bapak : “Bukan.”
Saya : “Karya ilmiah?”
Bapak : “Bukan.Emm… Apa, ya? Oh, ya, skripsi.”
Saya : “…”
Sok tau banget sih bapak ini! Emangnya yang punya kertas itu siapa. Lagian saya juga salah. Jelas-jelas kertas itu laporan, kok malah nanggapi omongan si bapak…

 
Leave a comment

Posted by on June 19, 2007 in Uncategorized

 

Leave a Reply

 
