RSS

Pacaran???

22 Dec

Dear Blog,

Infotainment kini sudah menjadi trademark pertelevisian Indonesia. Pagi, menjelang siang, siang, menjelang sore, sore, menjelang malam, dan malam pasti saja ada infotainment yang disuguhkan di salah satu stasiun televisi nasional kecuali TVRI, Metro TV, MTV, dan Nicklodeon. Parahnya lagi di tengah malam dan menjelang pagi tayangan itu diulang lagi. Jadi alangkah bijaknya jika kita menyebut waktu-waktu tersebut dengan kata seharian agar menghemat space dalam blog ini. Tak kurang dari 24 tayangan infotainment setiap hari yang berdurasi kira-kira setengah jam. Dengan asumsi bahwa acara yang tayang secara bersamaan hanya 2, maka kita bisa kalkulasi sehingga didapatkan sebuah konstanta yang memiliki besar 6 jam minimal televisi kita menyuguhkan infotainment tersebut. Lebih parah lagi, meskipun berita yang disuguhkan setiap infotainment relatif sama, banyak juga yang menonton semua. Tak heran sekarang lebih banyak yang lebih hafal nama selebritis daripada menteri di kabinet kita.

Senang di hati penonton, ternyata banyak juga yang takut terhadap infotainment. Banyak selebriti yang tidak mau kehidupannya jadi santapan masyarakat. Desi Ratnasari pernah dijuluki “Miss No-Comment” karena keengganannya menjawab pertanyaan dari wartawan. Selain Desi, banyak selebritis lain yang tidak mau masuk berita infotainment. Mereka ketakutan setelah poligami Aa Gym dan kematian pelantun lagu “Aku Tak Biasa”, Alda, yang tidak biasa, giliran merekalah yang diekspos oleh infotainment. Penulis menjadi salah satunya.

Ceritanya begini, hari Selasa (19/12), setelah sholat Dzuhur di masjid Salman, penulis bermaksud menuju Comlabs ITB untuk membuka e-mail dan friendster. Di tengah jalan, tepatnya di pinggir not balok Indonesia Raya (sungai Indonesia Tenggelam, dekat Campus Center ITB –red.), penulis bertemu dengan ketua PIP3 (KIR-nya SMAN 3 Bdg –red.) yang kebetulan berjenis kelamin cewe memakai seragam SMA –mohon maaf namanya lupa-. Penulis yang mantan ketua PIP3 di jamannya menegurnya dan akhirnya kami terlibat pembicaraan yang cukup lama, sekitar 10-15 menit. Pembicaraan sendiri mengenai PIP3, tidak ada topik lain.

Kamis (21/12), ketika sedang bersama teman-teman sekelas melihat nilai di gedung Fisika, tiba-tiba ada seorang teman nyeletuk, “Van, pacar lu anak SMA, ya. Gw ngeliat lu kemaren. Ivan, ternyata, sukanya daun muda”. Teman yang lain menambahkan, “Iya, saya juga ngeliat”. Oh tidak, ternyata teman-teman penulis menyangka kalau si cewe adalah pacar penulis. Pas diingat-ingat, ternyata memang banyak sekali teman penulis yang lewat ketika pembicaraan. Tidak hanya teman sekelas, namun teman SMA pun banyak. Jadi keingetan kalau penulis diteriakin “Adeuh… Adeuh…” oleh Yozzi, teman SMA penulis.

Klarifikasi. Pertama, cewe itu bukan pacar penulis. Hanya adik kelas dan tak lebih dari itu. Penulis pun lupa siapa namanya. Kedua, mohon dikoreksi, kecuali daun singkong atau pepaya, penulis tidak suka daun muda. Penulis sendiri yakin bahwa diri penulis bukanlah kambing atau sapi. Penulis punya gigi taring, loh.

Tulisan ini bisa dianggap sebagai konferensi pers dari penulis. Selagi infotainment sedang dipenuhi liputan tentang Hari Ibu, penulis berharap pembaca bisa memahami kejadian sebenarnya sebelum mendengar berita dari Go Spot, Silet, Kabar Kabari, Was-Was, Halo Selebriti, Ada Gosip, Kasak Kusuk, Kasak Kusuk Investigasi, Kassel, Go Show Pagi, Go Show Sore, Espresso, Double Espresso, Insert Pagi, Insert, Insert Sore, Insert on The Weekend, Kroscek, KiSS, KiSS Sore, Expose Pagi, Expose Siang, Kupas Kasus Selebritis, Infotainment Pagi, Infotainment Siang, Genie, Obsesi, ataupun Intan (Infotainment Anak, mungkin wartawan mengira penulis adalah anak-anak karena penulis berwajah imut).

Percayalah pada penulis yang tidak akan membohongi pembaca. Sesuai motto kami, Pembaca adalah “Radja” karena “Aku Ada Karena Kau Ada”. “Yakin”-lah pada penulis yang selalu “Jujur” dan “Ikhlas” dan tak mungkin “Benci Bilang Cinta”.

Demikian pengumuman ini dibuat, agar dapat dimaklumi. Terima kasih atas perhatian pembaca sekalian.

(Copyright 2006 by Ivan Nugraha)

 
6 Comments

Posted by on December 22, 2006 in Uncategorized

 

6 responses to “Pacaran???

  1. dicky

    December 22, 2006 at 6:52 pm

    fiuhHh,cape dehh,,

     
  2. Laras

    December 30, 2006 at 5:59 am

    van, gaya bahasa lo oke juga… lumayan bwt nulis di pikiran rakyat, hwahahwwa

    wa, van.. ko ga bilang2 kmrn km ktemu cw. untung aja aku ga ngeliat van,, kalo aku liat, bisa lebih parah dari efek infotanment tu van..

    kakakakakakakkk

     
  3. BinTanK

    January 27, 2007 at 9:28 pm

    ada orang bego yang sok-sok ngerasa jadi artis….

     
  4. ' ' ' 'ArIsQreN

    January 27, 2007 at 10:45 pm

    Wew…

    Segitu tahunya judul2 infotaiment!!

    suka juga yah?!

    HeeHeeHee

     
  5. niez

    February 6, 2007 at 2:03 am

    eh..

    intan itu ada kepanjangannya….

    infotaionment selebriti anak dan anak selebriti!

    gitu…

    keren juga tulisan kamu…

    mending kamu jadi penulis aja van!

     
  6. giNa

    February 27, 2007 at 4:32 am

    wah,,bagus juga artikelnya..

    salam yah bwt alfan…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: