RSS

Wartegg

22 Oct

Minggu lalu saya mengikuti psikotes. Seperti psikotes seperti biasanya, ada yang namanya Wartegg Test. Wartegg Test adalah tes dimana kita diminta untuk menggambar 8 buah gambar di kotak yang disediakan. Contoh gambarnya seperti di bawah ini:

20121022-215302.jpg

Udah beberapa kali saya ikut psikotes yang sama. Seperti tes-tes sebelumnya, saya menggambar pertama kali di bagian gambar yang menyediakan potongan kotak untuk menggambar SpongeBob. Kotak seterusnya biasanya gambar Gary, Doraemon, dll. Gegara hal tersebut, jadi kepikiran: akuratkah hasil psikotes gambar saya? Dulu sih ngegambar Spongebob dsb-nya gegara spontan. Tapi kalau sekarang, karena masih hafal, rasanya spontanitas itu hilang. Gambar pohon dan orang di tes setelahnya juga. Padahal dari tes-tes tersebut, seorang psikolog bisa menentukan kepribadian seseorang.

Pernah ketemu dengan psikolog di kantor setelah psikotes. Dari gambar yang saya gambar, sang psikolog bisa bilang: “Aduh.. kasian sekali kamu.. Kamu kreatif tapi terlalu berkacamata kuda… Kamu orangnya bla-bla-bla…”.
Ketika mendengar perkataan tersebut, pikiran saya tertuju pada dua hal:
1. “Gila! Kacamata dari optik Seis ini dibilang kacamata kuda. Saatnya mencoba Lily Kasoem atau Melawai”
2. “Ebuset! Kok bisa tau kepribadian orang dari gambar,ya?”
Karena beberapa hal yang dibilang psikolog itu benar adanya, saya berkesimpulan bahwa dari gambar memang bisa ditemukan kepribadian kita. Gimana caranya? Apa kalau spontanitasnya hilang hasilnya masih valid? Entahlah… Biarlah hal itu menjadi rahasia antara angin, embun, hujan, dan para psikolog layaknya rahasia antara php, Java, dan para programmer (super sekali, Pak Mario).

Ngomong-ngomong soal percakapan dengan psikolog saat itu, sekilas saya merasa seperti diramal. Untungnya sang psikolog ga bilang: “Malam nanti Pangeran Kegelapan akan datang dibantu abdi setianya. Kegelapan akan datang kembali dan kejahatan akan merajalela…”. Coba kalau sang psikolog bilang begitu, mungkin saya akan teriak: “Expelliarmus!!!”

 
1 Comment

Posted by on October 22, 2012 in Bebas, Pengalaman Pribadi

 

Tags: ,

One response to “Wartegg

  1. herbalinfo123

    December 5, 2012 at 5:13 pm

    Terima kasih sudah posting, artikel tentang wartegg test nya sangat bermanfaat untuk saya.

    Boleh share ??

     

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

